PENGGUNAAN ANIMASI KOMPUTER DAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM
Lindawati Sitorus
Jurusan Kimia PPS Universitas Negeri Medan, Jl. Willem Iskandar Psr V Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
ABSTRAK
Untuk meningkatkan hasil belajar kimia perlu dilakukan perpaduan antara media dan strategi yang digunakan. Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran mampu mengadaptasi perbedaan cara belajar siswa sehingga siswa belajar dalam lingkungan yang menyenangkan. . Multimedia yang digunakan yaitu animasi komputer.
Agar pembelajaran dengan pemamfaatan animasi komputer ini maksimal perlu didampingi dengan pendekatan pembelajaran yang seimbang yaitu metode inquiri.. Penelitian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan Uji Independent Sample T Test dan Paired Sample T Test dengan menggunakan program SPSS, yang diuji pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian bahwa Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan animasi komputer dengan siswa yang tidak menggunakan animasi komputer.Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi inquiri dengan strategi konvensional.Terdapat interaksi positif antara penggunaan animasi komputer dengan strategi inquiri terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci: penggunaan program animasi komputer , strategi inkuiri , hasil belajar , struktur atom.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar